Sunday, January 26, 2014

Contoh Makalah Tentang Segmentasi Pasar dan Penentuan Pasar Sasaran



BAB I
PENDAHULUAN

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar. Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.
Defini Segmentasi Pasar oleh beberapa ahli :
a. Swastha & Handoko (1997)
mengartikan segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
b. Pride & Ferrel (1995)
mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli dan sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.
c. Swastha & Handoko (1987)
yang merumuskan segmentasi pasar adalah suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen–segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix.
d. Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.254)
pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama (Kotler, 2005, p.307).
Jadi Segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri. Dengan demikian yang semula pasarnya satu dan luas,kemudian dibagi-bagi atau disegmentasi oleh pemasar menjadi beberapa bagian pasar yang sifatnya homogen. Homogenitas pasar tersebut dicari dan ditentukan sendiri oleh pihak pemasar.


1.2 Rumusan Masalah
            Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini yaitu
            1. Bagaimanakah Segmentasi Percetakan Santi?
            2. Bagaimanakah Penentuan Target sasaran Percetakan Santi?

1.3 Tujuan Penulisan
            Dari rumusan masalah di atas dapat dikemukakan tujuan penulisan makah ini yaitu :
            1. Untuk mengetahui Segmentasi Pasar Percetakan Santi
            2. Untuk mengetahui Penentuan Target sasaran Percetakan Santi



BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Segmentasi Pasar
Variabel-variabel yang berbeda dipergunakan untuk membentuk segmen pasar konumen. Variabel-variabel tersebut dikelompokkan menjadi dua kelompok besar. Beberapa peneliti mencoba membentuk segmen dengan melihat pada karakteistik/sifat konsumen. Pada umumnya mereka menggunakan segmen demografis, geografis dan psikografis. Kemudian mereka menguji apakah konsumen ini menunjukkan respon produk atau kebutuhan yang berbeda? Sebagai contoh mereka mungkin menguji perbedaan sikap dari para professional kerah baju (blue collars), dan kelompok lain dengan mengatakan : keselamatan (safety) sebagai manfaat mobil.
Begitu segmen dibentuk peneliti melihat apakah perbedaan karakteristik konsumen terkait dengan respon konsumen pada setiap segmen.
Untuk mengadakan segmentasi pasar dapat ditempuh dengan beberapa cara yang berbeda. Metode tersebut juga dapat berbeda antara suatu produk ke produk lainnya. Di Percetakan Santi Segmen Pasar dapat dijelaskan sebagai beikut ;
1.      Geografi
Perusahaan akan beroperasi pada satu atau beberapa area geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan. Memandang hal tersebut di atas, Percetakan Santi adalah sebuah perusahaan yang berada di Desa Bugbug, kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Desa Bugbug dan sekitarnya merupakan wilayah yang padat penduduk. Uang Lingkup percetakan Santi tidak hanya di pedesaan namun juga di wlayah perkotaan yaitu kota Amlapura, yang banyak terdapat kantor-kantor baik negeri maupun suasta. Selain itu, masyarakat di wilayah Karanngasem adalah masyarakat yang memiliki banyak kepentingan yang ada hubungannya dengan percetakan seperti mencetak kartu undangan, kartu nama, dan bahan cetakan pribadi lainnya. Untuk wilayah kantor baik swasta mapun negeri yang dibutuhkan adalah blanko, nota, buku-buku, dan lain sebagainya.
Jadi dari segi Geografi ruang lingkup segmentasi Percetakan Santi mencakup seluruh wilayah kecamatan Karangasem, teruma di lingkungan Desa Bugbug dan sekitarnya sampai wilayah Kota Amlapura.

2.      Demografi
Dalam segmentasi demografi, pasar dibagi menjadi grup-grup dengan dasar pembagian seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendekatan, tingkat pendidikan, dan agama. Setidaknya ada lima alasan mengapa pendekatan demografi ini hampir selalu disertakan, antara lain adalah informasi demografi adalah informasi yang mudah dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target market, informasi demografi memberikan insight tentang trend yang sedang terjadi, meski tidak dapat untuk meramalkan perilaku konsumen, demografi dapat dilihat untuk melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir demografi dapat digunakan untuk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran.
Jumlah penduduk atau masyarakat yang menjadi sasaran Percetakan Santi adalah sekitar 10.000 jiwa penduduk yang tersebar di wilayah lingkungan Desa Bugbug dan sekitarnya sampai wilayah Kota Amlapura. Selian itu juga kantor-kantor yang berjumlah 50 kantor, daan 70 Hotel dan restaurant di Candidasa. Kesemuanya itu merupakan target pemasaran kami. Mengenai jumlah tenaga kerja, kami mempunyai 5 orang karyawan, yang terbagi : 1 orang desainer, 1 tenaga marketing/pemasaran dan 4 orang pegawai atau pekerja.
3.      Psikografi
Ciri-ciri psikologis berkenaan dengan inner atau kualitas intrinsic dari consumer individual. Strategi segmentasi konsumen kadang-kadang didasarkan pada variabel psikologis yang spesifik.
Konsumen dapat dibagi menurut demografi tetapi seringkali ini tidaklah cukup. Perusahaan ingin tahu lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama berbeda dalam merespon suatu stimuli pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen diobservasi melalui kelas sosial (social class), gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality).
Para pekerja percetakan Santi berumur 21 tahun – 38 tahunn, ini artinya karyawan atau pegawai kami masih terbilang produktif. Di Daerah karangasem memang tingkat konsumeris masih tidak begitu besar, tapi adanya kegiatan upacara yang rutin
4.      Sosiocultural
Variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) merupakan variabel sosiokultural, meyediakan dasar lebih lanjut untuk segmentasi pasar. Keberadaan sosial budaya kami sangat membantu kami dalam mengembangkan usaha kami. Hal itu karena dari sosial keagamaan itulah kami mendapatkan penggan, seperti contohnya membuat undangan. Begitu juga halnya dengan keberadaan sosial yang ramah, baik,
5.      Segmen situasi penggunaan
Pemasar mengenal bahwa kesempatan atau situasi kadang-kadang menentukan apakah konsumen akan membeli atau mengkonsumsi. Untuk alasan ini mereka kadang-kadang focus pada situasi penggunaan sebagai sebuah variabel segmentasi. Segmentasi berdasarkan kesempatan dapat membantu perusahaan memperluas penggunaan produk.
Pada segmen ini, kami memberikan manfaat berupa hasil cetakan yang bagus dan harga relatif terjangkau. Sehingga hasilnya juga dapat bermanfaat dan tahan lama. Dengan hasil yang bagus, jelas dan tahan lama akan memberikan manfaat bagi kelancaran pekerjaan para pelanggan.

2.2 Penentuan Pasar Sasaran
Dalam  penentuan pasar sasaran oleh Percetakan Santi menggunakan konsentrasi segmen tunggal yaitu perusahaan memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu. Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk ekspansi ke segmen lainnya.
Pihak manajemen Percetakan Santi selalu melakukan pengawasan kepada karyawan saat bekerja sehingga hasil yang dicapai dapat memuaskan pelanggan, hasilnya pun bagus, penggunaan dan perawatan di cek dengan cara seksama dan selektif. Kertas dan bahan yang dipakai sesuai dengan kebutuhan dan dipilih yang berkualitas bagus.
Percetakan Santi selalu memusatkan diri pada upaya melayani berbagai kebutuhan para pelanggan, sehingga mereka merasa puas.
Dalam positioning staff, Percetakan Santi melakukan pemilihan karyawan yang tepat pada masing-masing bagian sesuai dengan keahliannya. Karena keberhasilan positioning sangat menentukan kinerja karyawan itu sendiri dalam melayani berbagai kebutuhan pelnggan dan kelancaran usaha. Kepada karyawan kami selalu menekankan bahwa waktu kerja harus digunakan semaksimal mungkin dan kerja on time atau tepat waktu. 





BAB III
PENUTUP


Banyaknya perusahaan yang melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelompokkan variabel tertentu. Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif (Porter, 1991).
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain:
1.   Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2.   Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3.   Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4.   Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5.   Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
Gitosudarmo (2000) menambahkan manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3.  Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4.  Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.



KATA PENGANTAR



Om Swastyastu,
            Berkat Asung Kertha Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada Yang Terhormat Rektor Universitas Mahendradatta tempat penulis menimba ilmu, kepda Bapak/Ibu dosen yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis. Dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas segala bantuan baik materi maupun spiritual.
            Makalah ini semoga dapat berguna. Selanjutnya penulis meminta saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini kepada para pembaca yang budiman.
Om Santih Santih Santih Om

Karangasem,     Desember 2013
Penulis



DAFTAR  ISI



KATA PENGANTAR....................................................................................... i
DAFTAR ISI...................................................................................................... ii
BAB I          PENDAHULUAN........................................................................ 1
                     1.1 Latar Belakang......................................................................... 1
                     1.2 Rumusan Masalah.................................................................... 1
                     1.3 Tujuan Penulisan...................................................................... 2
BAB II         PEMBAHASAN........................................................................... 3
                     2.1 Segmentasi Pasar..................................................................... 3
                     2.2 Penentuan Pasar sasaran.......................................................... 5
BAB III       PENUTUP..................................................................................... 7



No comments:

Post a Comment