BAB I
PENDAHULUAN
Segmentasi pasar adalah sebuah
metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif
mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar. Segmentasi
pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak
boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal
yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Pengertian segmentasi pasar
sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara
membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product
diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan
konsumen.
Defini Segmentasi Pasar oleh beberapa ahli :
a. Swastha & Handoko
(1997)
mengartikan segmentasi pasar sebagai
kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam
satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
b. Pride & Ferrel (1995)
mengatakan bahwa segmentasi pasar
adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial
dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli
dan sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok–kelompok
pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan
produk yang serupa.
c. Swastha & Handoko
(1987)
yang merumuskan segmentasi pasar
adalah suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen–segmen pasar tertentu yang
dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix.
d. Kotler, Bowen dan Makens
(2002, p.254)
pasar terdiri dari pembeli dan
pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan,
sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing
memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan
pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program
pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengkap
membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli
produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan
mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau
tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok
pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama (Kotler, 2005, p.307).
Jadi Segmentasi pasar adalah
pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang
homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan
sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri. Dengan demikian
yang semula pasarnya satu dan luas,kemudian dibagi-bagi atau disegmentasi oleh
pemasar menjadi beberapa bagian pasar yang sifatnya homogen. Homogenitas pasar
tersebut dicari dan ditentukan sendiri oleh pihak pemasar.
1.2 Rumusan
Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah
dalam makalah ini yaitu
1.
Bagaimanakah Segmentasi Percetakan Santi?
2.
Bagaimanakah Penentuan Target sasaran Percetakan Santi?
1.3 Tujuan
Penulisan
Dari
rumusan masalah di atas dapat dikemukakan tujuan penulisan makah ini yaitu :
1.
Untuk mengetahui Segmentasi Pasar Percetakan Santi
2.
Untuk mengetahui Penentuan Target sasaran Percetakan Santi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Segmentasi Pasar
Variabel-variabel yang berbeda
dipergunakan untuk membentuk segmen pasar konumen. Variabel-variabel tersebut
dikelompokkan menjadi dua kelompok besar. Beberapa peneliti mencoba membentuk
segmen dengan melihat pada karakteistik/sifat konsumen. Pada umumnya mereka
menggunakan segmen demografis, geografis dan psikografis. Kemudian mereka
menguji apakah konsumen ini menunjukkan respon produk atau kebutuhan yang
berbeda? Sebagai contoh mereka mungkin menguji perbedaan sikap dari para
professional kerah baju (blue collars), dan kelompok lain dengan mengatakan :
keselamatan (safety) sebagai manfaat mobil.
Begitu segmen dibentuk peneliti
melihat apakah perbedaan karakteristik konsumen terkait dengan respon konsumen
pada setiap segmen.
Untuk mengadakan segmentasi pasar
dapat ditempuh dengan beberapa cara yang berbeda. Metode tersebut juga dapat
berbeda antara suatu produk ke produk lainnya. Di Percetakan Santi Segmen Pasar
dapat dijelaskan sebagai beikut ;
1. Geografi
Perusahaan
akan beroperasi pada satu atau beberapa area geografi yang dipandang potensial
dan menguntungkan. Memandang hal tersebut di atas, Percetakan Santi adalah
sebuah perusahaan yang berada di Desa Bugbug, kecamatan Karangasem, Kabupaten
Karangasem. Desa Bugbug dan sekitarnya merupakan wilayah yang padat penduduk.
Uang Lingkup percetakan Santi tidak hanya di pedesaan namun juga di wlayah
perkotaan yaitu kota Amlapura, yang banyak terdapat kantor-kantor baik negeri
maupun suasta. Selain itu, masyarakat di wilayah Karanngasem adalah masyarakat
yang memiliki banyak kepentingan yang ada hubungannya dengan percetakan seperti
mencetak kartu undangan, kartu nama, dan bahan cetakan pribadi lainnya. Untuk
wilayah kantor baik swasta mapun negeri yang dibutuhkan adalah blanko, nota,
buku-buku, dan lain sebagainya.
Jadi dari
segi Geografi ruang lingkup segmentasi Percetakan Santi mencakup seluruh
wilayah kecamatan Karangasem, teruma di lingkungan Desa Bugbug dan sekitarnya
sampai wilayah Kota Amlapura.
2. Demografi
Dalam
segmentasi demografi, pasar dibagi menjadi grup-grup dengan dasar pembagian
seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendekatan, tingkat pendidikan, dan agama.
Setidaknya ada lima alasan mengapa pendekatan demografi ini hampir selalu
disertakan, antara lain adalah informasi demografi adalah informasi yang mudah
dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target market,
informasi demografi memberikan insight tentang trend yang sedang terjadi, meski
tidak dapat untuk meramalkan perilaku konsumen, demografi dapat dilihat untuk
melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir demografi dapat
digunakan untuk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran.
Jumlah
penduduk atau masyarakat yang menjadi sasaran Percetakan Santi adalah sekitar
10.000 jiwa penduduk yang tersebar di wilayah lingkungan Desa Bugbug dan sekitarnya
sampai wilayah Kota Amlapura. Selian itu juga kantor-kantor yang berjumlah 50
kantor, daan 70 Hotel dan restaurant di Candidasa. Kesemuanya itu merupakan
target pemasaran kami. Mengenai jumlah tenaga kerja, kami mempunyai 5 orang
karyawan, yang terbagi : 1 orang desainer, 1 tenaga marketing/pemasaran dan 4
orang pegawai atau pekerja.
3. Psikografi
Ciri-ciri
psikologis berkenaan dengan inner atau kualitas intrinsic dari consumer
individual. Strategi segmentasi konsumen kadang-kadang didasarkan pada variabel
psikologis yang spesifik.
Konsumen
dapat dibagi menurut demografi tetapi seringkali ini tidaklah cukup. Perusahaan
ingin tahu lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki
usia, penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama berbeda dalam merespon
suatu stimuli pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen
diobservasi melalui kelas sosial (social class), gaya hidup (lifestyle),
nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality).
Para pekerja
percetakan Santi berumur 21 tahun – 38 tahunn, ini artinya karyawan atau
pegawai kami masih terbilang produktif. Di Daerah karangasem memang tingkat
konsumeris masih tidak begitu besar, tapi adanya kegiatan upacara yang rutin
4. Sosiocultural
Variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) merupakan variabel
sosiokultural, meyediakan dasar lebih lanjut untuk segmentasi pasar. Keberadaan
sosial budaya kami sangat membantu kami dalam mengembangkan usaha kami. Hal itu
karena dari sosial keagamaan itulah kami mendapatkan penggan, seperti contohnya
membuat undangan. Begitu juga halnya dengan keberadaan sosial yang ramah, baik,
5. Segmen
situasi penggunaan
Pemasar mengenal bahwa kesempatan atau situasi kadang-kadang menentukan
apakah konsumen akan membeli atau mengkonsumsi. Untuk alasan ini mereka
kadang-kadang focus pada situasi penggunaan sebagai sebuah variabel segmentasi.
Segmentasi berdasarkan kesempatan dapat membantu perusahaan memperluas
penggunaan produk.
Pada segmen ini, kami memberikan manfaat berupa hasil cetakan yang bagus
dan harga relatif terjangkau. Sehingga hasilnya juga dapat bermanfaat dan tahan
lama. Dengan hasil yang bagus, jelas dan tahan lama akan memberikan manfaat
bagi kelancaran pekerjaan para pelanggan.
2.2 Penentuan Pasar Sasaran
Dalam penentuan pasar sasaran oleh Percetakan
Santi menggunakan konsentrasi segmen
tunggal yaitu perusahaan memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu.
Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak memiliki
pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk ekspansi
ke segmen lainnya.
Pihak manajemen Percetakan Santi
selalu melakukan pengawasan kepada karyawan saat bekerja sehingga hasil yang
dicapai dapat memuaskan pelanggan, hasilnya pun bagus, penggunaan dan perawatan
di cek dengan cara seksama dan selektif. Kertas dan bahan yang dipakai sesuai
dengan kebutuhan dan dipilih yang berkualitas bagus.
Percetakan Santi selalu memusatkan
diri pada upaya melayani berbagai kebutuhan para pelanggan, sehingga mereka
merasa puas.
Dalam positioning staff, Percetakan
Santi melakukan pemilihan karyawan yang tepat pada masing-masing bagian sesuai
dengan keahliannya. Karena keberhasilan positioning sangat menentukan kinerja karyawan
itu sendiri dalam melayani berbagai kebutuhan pelnggan dan kelancaran usaha.
Kepada karyawan kami selalu menekankan bahwa waktu kerja harus digunakan
semaksimal mungkin dan kerja on time atau tepat waktu.
BAB III
PENUTUP
Banyaknya perusahaan yang melakukan
segmentasi pasar atas dasar pengelompokkan variabel tertentu. Dengan
menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa
secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan
tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam
jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif (Porter, 1991).
Manfaat yang lain dengan
dilakukannya segmentasi pasar, antara lain:
1.
Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat
mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2.
Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan
permintaan pasar.
3.
Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling
efektif.
4.
Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui
media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan
yang lebih besar.
5.
Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai
dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
Gitosudarmo
(2000) menambahkan manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
KATA
PENGANTAR
Om Swastyastu,
Berkat
Asung Kertha Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, penulis dapat
menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Dalam
kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada Yang Terhormat Rektor
Universitas Mahendradatta tempat penulis menimba ilmu, kepda Bapak/Ibu dosen
yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis. Dan semua pihak yang
tidak dapat disebutkan satu persatu atas segala bantuan baik materi maupun
spiritual.
Makalah
ini semoga dapat berguna. Selanjutnya penulis meminta saran dan kritik yang
membangun demi kesempurnaan makalah ini kepada para pembaca yang budiman.
Om Santih Santih Santih Om
Karangasem, Desember 2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR....................................................................................... i
DAFTAR ISI...................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................ 1
1.1 Latar Belakang......................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah.................................................................... 1
1.3 Tujuan Penulisan...................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN........................................................................... 3
2.1 Segmentasi Pasar..................................................................... 3
2.2 Penentuan Pasar sasaran.......................................................... 5
BAB III PENUTUP..................................................................................... 7
No comments:
Post a Comment